Rabu, 23 Oktober 2024

Polisi Mediasi Dua Desa Terkait Lahan Sawah

LHOKSEUMAWE- Personil Kepolisian Resor Lhokseumawe Sektor Muara Batu mediasi Dua kubu warga Gampong Paloh Awe dan Gampong Bungkah yang berselisih terkait lahan sawah. Suasana sempat memanas, untung saja polisi cepat datang melerai sekaligus memediasi sengketa antar gampong tersebut.” Jum’at (19/5/2017).

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman melalui Kapolsek Muara Batu AKP Nasir mengatakan, pihaknya memediasi antara dua desa agar tidak hal-yang tidak diingin, masyarakat dua desa itu sempat ada selisih paham terkait perkara pembagian zakat dan pajak alat bajak sawah,” ujar Kapolsek Sabtu pagi, (20/5).

Lanjutnya, Kronologi kejadian bermula sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu warga Paloh Awe mendatangi areal persawahan yang berbatasan dengan Gampong Bungkah. Penyebabnya karena ada informasi petani Bungkah membawa alat perontok padi (traktor) ke lahan sawah yang masuk dalam wilayah Paloh awe.

Sambungnya, Warga Paloh Awe tidak terima karena selama ini dinilai tidak ada pemasukan zakat atau dari hasil panen dari lahan sawah yang masuk dalam kawasan desa mereka.

Perselisihan itu dapat diredam dan diselesaikan dengan damai saat polisi yang dipimpin Kasat Intel Polres Lhokseumawe dan Camat setempat melakukan mediasi di lokasi sawah.” ungkap Kapolsek

Hasil mediasi disepakati, jika warga Bungkah boleh menggarap sawah dengan membawa traktor dari gampong lain, tapi tetap harus mengikuti aturan, yaitu membayar retribusi atau zakat padi ke Gampong Paloh Awe dan Warga dua gampong juga sepakat terkait tapal batas kedua desa sesuai dengan bentang alam (alur sungai) Krueng Sikureung.” Jelas AKP Nasir

Kapolsek menambahkan, kedua gampong juga akan menandatangi surat perjanjian atas kesepakatan tersebut di Kantor Camat setempat yang nanti turut disaksikan Muspika dan setelah dilakukan mediasi, warga kedua gampong kemudian membubarkan diri dengan aman dan tertib.

(tribratanewslhokseumawe/RMD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *